Sunday 13 January 2013

Mati Muda

"Kematian itu nomor cabut, bukan nomor urut, siapa yang sudah dicabut ya dia yang meninggal lebih dulu, bukan urutan umur. - Ust. Yusuf Mansur"

Tanggal ini dan entah mengapa sejak kepergiannya 3 tahun lalu membuatku selalu mengunjungi laman Facebooknya setiap tahun. Dua puluh delapan desember, dan tiap orang mengucapkan selamat untukku. Ah bertambah lagi usiaku, oh ya tak lupa, akupun juga mengucapkan selamat untuknya. Selamat ya qi, baik-baik disana, semoga Jannah menjadi tempat kembalimu.

Ia telah pergi 3 tahun lalu, dan membuatku berpikir betapa umur manusia tidak ada yang tahu. Usianya baru 19 tahun, dengan masa depan yang masih terbentang luas. Banyak mimpi-mimpi yang mungkin belum terangkai. Tapi apa mau dikata, cukup sekian jatah hidupnya di dunia.
"loh kenapa dia duluan yang pergi, dia kan masih muda, kenapa gak orang yang sudah tua saja yang duluan." Ya betul, kenapa dia duluan, padahal masih muda..

Mati muda, jadi sesuatu yang lebih mengejutkan dibandingkan kematian di usia senja. Mendengar orang-orang tua meninggal memang membuat kita bersedih, tapi terkadang terbesit pikiran "mungkin sudah waktunya, beliau sudah sepuh, usianya pun sudah lanjut." tapi mati muda berbeda, Dikala orang-orang seusianya masih sibuk mengejar cita-cita, ia sudah berhenti mengejar cita-cita. Dikala orang-orang seusianya sibuk membicarakan masa depan, ia sudah sampai di masa depannya.

Mungkin Allah punya rencana lebih baik untuk mereka, tak ingin mereka terlampau jauh menghabiskan sisa hidup di dunia dengan kesia-siaan. Mungkin Allah sudah rindu dengan mereka, dan tak ingin mereka lama-lama di dunia. Mungkin Allah menganggap tugas mereka sudah paripurna, dan tak perlu lagi mengerjakan sesuatu yang diluar kemampuan mereka.

Mungkin bekal mereka sudah cukup hingga tak perlu lagi menunggu lama-lama. Mungkin bekal kita masih kurang jadi Allah masih memberikan jatah hidup di dunia. 

“Ini barisan tak bergenderang-berpalu/Kepercayaan tanda menyerbu/Sekali Berarti/Sudah itu mati.” - Chairil Anwar, mati muda, 26 tahun.

2 comments:

  1. gar ini adek kelas kita x.4 dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kelasnya gw kurang tahu far, kayaknya almarhum angkatan 2007,,Rifqi Yudhistira

      Delete