Wednesday 31 December 2008

Pembantaian Etnis, Sebuah Kejahatan Perang israel

Hingga berapa lama para pemimpin dunia menutup mata bahwa serangan Israel merupakan sebuah kejahatan perang. Yang dapat diganjar dengan sebuah hukuman sangat berat. Jika sebelumnya beberapa pemimpin dunia berpendapat bahwa serangan yang dilakukan Israel merupakan hal yang wajar. yang dianggap merupakan serangan balasan terhadap Hamas. Coba saat ini mereka jelaskan mengapa bantuan terhadap rakyat Palestina turut diserang oleh tentara Israel?

Hal ini terjadi saat beberapa kapal yang mengangkut bantuan kesehatan dan pangan dari
Libanon diserang oleh kapal-kapal patroli Israel. Tanpa sebab yang jelas dan provokasi
sebelumnya kapal-kapal patroli Israel menyerang kapal pengangkut bantuan itu yang sebenarnya masih berada di perairan internasional.

Melihat hal ini saya langsung teringat akan peristiwa pembantaian etnis yang dilakukan
Serbia pada rakyat Kosovo dan Bosnia. Dimana saat itu rakyat Kosovo dan Bosnia diupayakan untuk hilang dari muka bumi oleh tentara Serbia. Dengan dibunuh, disiksa, dan dihambatnya bantuan dari dunia internasional untuk masuk ke daerah Bosnia. Saat itu pun alasan yang sama diberikan oleh Serbia. Mereka berpendapat bahwa hal ini dilakukan untuk menekan kelompok separatis Bosnia.

Dunia internasional pun memberikan reaksi atas tindakan yang dilakukan oleh tentara pimpinan Slobodan Milosevic ini. Hingga singkat cerita, Slobodan Milosevic dicap sebagai penjahat perang dan dinyatakan bersalah atas pembantaian etnis di Bosnia oleh mahkamah internasional. Serupa dengan serbia, Israel pun melakukan hal yang sama. Tapi mungkin bedanya Slobodan Milosevic tidak punya saham atas beberapa kekuatan besar di dunia saat itu. Serbia tidak punya andil ataupun jasa terhadap beberapa negara barat. Hingga tak lagi berharga untuk dapat dipertahankan. Berbeda dengan Israel, Mereka mungkin telah menancapkan kukunya ke dalam titik-titik vital negara-negara barat. Hingga negara-negara itu tunduk pada keinginan Israel.

Ironis, karena kita tahu dan melihat kejadian ini tapi sekedar mengecam tanpa bisa berbuat
banyak. Terlebih lagi dilakukan di depan para pemimpin dunia yang tak lagi punya kekuatan
untuk mencegah kejahatan perang Israel Laknatulloh.

No comments:

Post a Comment