Wednesday 10 December 2008

In God We Trust ; All Others Must Use Data



Kalau anda mencermati mata uang US alias koin dan kertas Dollar Amerika Serikat, pastinya anda akan menemukan hal menarik disana. Karena di sana tertulis sebuah kalimat yang menjadi moto resmi pemerintah Amerika Serikat. Terlepas dari pelaksanaan dan mungkin saja ketidak singkronan antara moto tersebut dengan kenyataan kini. Tapi sekali lagi saya mengapresiasi kalimat itu. In God We Trust.

Kepada tuhan kami percaya. Sebuah pernyataan yang menurut saya menunjukkan ketawakalan dan ketauhidan tingkat tinggi. Dimana segala hal kita tambatkan padaNya. Keluh-kesah, senang-sedih, canda-tawa bermuara padaNya. Mengharapkan yang terbaik darinya. Betapa menariknya bila Amerika benar-benar menunjukkan sikap seperti itu. sehingga nanti setidaknya Amerika dapat sedikit meninggalkan nilai-nilai materialis yang menjangkitinya selama ini. Dan dapat menjadi rahmatan lil alamin (loh??).

Omong-omong, saya pun berpikir bahwa kalimat tersebut kurang lengkap dan perlu ditambahkan sebuah kalimat lagi. Berhubung saat ini kita berada di zaman digital yang membuat akses terhadap informasi sangatlah mudah. Maka segala hal merujuk pada evidenc atau bukti. Sehingga zaman ini selain disebut sebagai zaman digital pantaslah nampaknya disebut sebagai based evidence and power information era. oleh karena itu saya pun berasumsi kalimat penambah itu adalah kata-kata All others must use data.

In God We Trust; All Others Must Use Data. Hanya kepada tuhan kami percaya. Apapun yang datang darinya kami siap menjalankannya. Segalanya kami serahkan padanya dan kepadaNya lah kami kembali. Selebihnya siapkan bukti dan informasi yang kuat. Karena tak ada satupun yang dapat dipercaya selain yang punya data. Apapun itu, Bukti tertulis, lisan, tulisan atau apapun itu. Dan tentunya DIA pusat segala data.

Hanya kepadaNyalah kami percaya....In God We Trust...and All Others Must Use Data.

*diselaselaKAUPdanPELATIHANyangmenggila,semogamenyejukkanhati*

6 comments:

  1. Makasih banyak ya, Tegar.. Sangat menyejukkan..

    Aku baru tahu kalau semboyan resmi Amerika Serikat adalah kalimat itu setelah baca tulisan kamu ini. Dan aku juga sangat-sangat sepakat dengan tambahan kamu itu. Sip-sip-oke deh, pokoknya.

    Nah, karena In God We Trust; All Others Must Use Data merupakan semboyan yang semestinya kita semua yakini, mari kita kembali merenungkannya.
    Dan kalau sudah untuk banyak-banyak, ya setidaknya untuk hal paling minimal yang disampaikan oleh Tegar di atas yaitu untuk meninggalkan nilai-nilai materialis yang menjangkiti. Supaya bisa menjadi rahmatan lil 'alamiin..

    *karena bukan hanya AS saja yang mestinya demikian*

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak ya, Tegar.. Sangat menyejukkan..

    Aku baru tahu kalau moto resmi Amerika Serikat adalah kalimat itu setelah baca tulisan kamu ini. Dan aku juga sangat-sangat sepakat dengan tambahan kamu itu. Sip-sip-oke deh, pokoknya.

    Nah, karena In God We Trust; All Others Must Use Data merupakan moto yang semestinya kita semua pakai juga, mari kita kembali merenungkannya.
    Dan kalau masih susah untuk banyak-banyak, ya setidaknya untuk hal paling minimal yang disampaikan oleh Tegar di atas yaitu untuk meninggalkan nilai-nilai materialis yang menjangkiti. Supaya bisa menjadi rahmatan lil 'alamiin..

    *karena bukan Amerika Serikat saja yang mestinya demikian*

    ReplyDelete
  3. ini pasti berangkat dari kontroversi informasi yang diutarakan saudara adi hersuni....
    ya gak? ya gak? ya gak?

    hahaha...

    ReplyDelete
  4. tapi kenyataannya memang ga mungkin... ^^

    sebuah paradoks mutlak ya....

    ReplyDelete
  5. tapi kenyataannya memang ga mungkin... ^^

    sebuah paradoks mutlak ya....

    ReplyDelete