Friday 17 April 2009

Tulisan dan Jejak Rekam pemikiran

Yang namanya tulisan, ialah sebuah bentuk pengejawantahan pemikiran dalam rupa yang terstruktur, sistematis, dan nyata. Tak lagi berkutat dalam tataran abstrak tapi telah terpadu dalam sebuah susunan huruf, kata, dan kalimat bermakna yang lebih kongkret. Yang tadinya cukup kita yang memahami, dengan tulisan setiap orang mampu mengetahui maksud pemikiran kita tersebut.

Sehingga tak heran sedikit banyak kita dapat membaca seseorang lewat tulisannya. Pram lewat Trilogi Buru-nya memang mengisahkan minke yang berjuang melawan kolonialisme. Tapi dibalik itu tercermin betapa pram secara tidak langsung memproyeksikan diri dan kehidupannya ke dalam tokoh minke.

Atau mungkin seperti Fahri *ayat-ayat cinta* yang (menurut saya) merupakan representasi Kang Abik sendiri. Dimana fahri yang jago berbahasa arab dan tinggal di mesir, cocok dengan karakter kang abik yang juga jago bahasa arab dan pernah tinggal di mesir. walau mungkin sepengetahuan kita hanya itu yang sama dari keduanya, tapi dengan pencitraan fahri yang sebegitu sempurnanya membuat kita mereka-reka bahwa, "oh..mungkin aja ini kang abik ya.."

Itulah tulisan, ia mencerminkan siapa si penulisnya. mencerminkan bentuk pemikiran si penulis. Tak heran dari waktu ke waktu, kita dapat memantau perkembangan pemikiran kita lewat tulisan yang pernah kita tulis. Adakah perubahan? Menjadi lebih baik ataukah buruk?. dari setiap tulisan itu dapat kita lihat evolusi dari diri kita yang tercermin lewat rekam jejak tulisan yang pernah kita buat.

sehingga sangat menyakitkan dan sungguh menyakitkan bila ada salah satu dari tulisan kita yang hilang dan lenyap tanpa jejak. Seolah ada yang hilang dari diri kita, ada yang hilang dari proses aktualisasi diri. Sebegitu hebatnya rasa kehilangan itu sehingga saya pun berpikir, Tulisan adalah sebagian memory yang saya tinggalkan dalam bentuk simbol-simbol bahasa layaknya harry potter memindahkan sebagian memory nya dalam tabung pensieve untuk dapat dilihat-lihatnya kembali suatu saat nanti.

*ah tulisan ku, dimana dikau berada

In Memoriam : Tulisan-tulisan Saya di Note Fesbuk..


5 comments: