Monday 15 August 2011

DPO Yang Sempat Singgah di Perusahaan Saya

Bismillah

Posisi dan jabatannya lumayan tinggi, staf khusus direksi, siapa yang menyangsikan bahwa posisi itu bisa dibilang bergengsi. Tapi ada suatu keanehan, dia bersedia dikontrak selama setahun oleh perusahaan tanpa kejelasan apakah ia bisa diangkat menjadi pegawai tetap atau tidak. Saya bingung, untuk kapasitas orang yang berpengalaman sepertinya, mau dan tanpa banyak alasan, menerima sodoran kontrak dari perusahaan. Sayapun belum tentu mau disodori kontrak seperti itu,perbandingannya adalah Saya saja yang cuma level officer dan pengalaman yang minim dikontrak permanent dengan probation 3 bulan sebelum diangkat menjadi pegawai tetap.

Saya dan dirinya masuk hampir berbarengan, lebih cepat saya seminggu. Dan selama berinteraksi tak ada yang aneh dari dirinya, bahkan ia cenderung ramah dan cepat bergaul dengan orang-orang. Karena tugasnya sebagai staf khusus direksi, membuat dirinya lebih sering keluar kota untuk dinas, katanya sih dalam rangka OJT (on job training).

Beberapa minggu berlalu sampai di penghujung bulan kedua, saya mendapat kabar bahwa dia mengundurkan diri, loh? Ada apa nih? Pasti ada masalah. Dan ternyata benar, dia memiliki masalah dengan beberapa orang di kantor sehingga memutuskan untuk keluar. Permasalahannya pun unik, selama ia berpergian keluar kota dalam rangka dinas, teryata ia meminjam sejumlah uang pada beberapa orang di beberapa kantor cabang. Besarnya pun beragam, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Alasannya dia ingin mengembangkan bisnisnya jadi butuh modal dan berjanji akan mengembalikannya bila bisnisnya berhasil, alasan yang sama ke setiap orang. Ketika diminta untuk mengembalikan uangnya, alasannya bermacam-macam, bisnisnya belum berhasil, atau uangnya habis ditipu orang, atau anaknya sakit jadi terpakai, dan lain sebagainya. Mungkin tak tahan ditagih, ia keluar per tanggal 10 Agustus 2011.

Secara umum, saya melihat ia orang yang cukup mapan dari segi ekonomi, bisa dilihat dari Honda jazz keluaran tahun 2005 dan jam tangan bermerk yang melingkar di tangannya. Jadi bisa dibilang basic neednya telah terpenuhi bahkan berlebih. Lalu apa kira-kira motifnya meminjam? Apa karena pola hidupnya yang mewah sehingga ia butuh banyak uang untuk memenuhi kebutuhanya?, saya pun iseng mengetik namanya via om google dan ternyata banyak sekali berita tentang dirinya yang beredar di dunia maya, ini salah satu linknya


wow, ternyata dia sudah seperti buronan, dicari-cari oleh banyak orang karena modusnya yang sama, meminjam sejumlah uang dan susah (baca:tidak mau) mengembalikannya. Mungkin ini bisa menjadi feed back bagi perusahaan saya dan perusahaan lainnya, ada baiknya kalau mau menerima pegawai cross check reference dulu, bagaimana track recordnya, setidaknya check via google dulu, jangan-jangan tuh orang sebenernya sudah masuk DPO Interpol #ngaco.

Nb. Saya masih bingung sebenernya kenapa tuh orang bisa lolos di perusahaan saya. Maen dukun ? gak tau dah

4 comments:

  1. tanyalah pada recruitment officer
    *ngeledek. haha

    ReplyDelete
  2. sorry, gw blom masuk coy, jadi gw berlepas diri atas hal2 yang terjadi sebelum gw masuk.. gak berlaku surut. hehe

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya gar,serem jg nih,alamat terakhirnya dkt rumah gw-_-

    ReplyDelete
  4. eh deket rumah lo yun? hoo.. ya dia sih bukan kriminal ya, cuma mungkin punya sedikit kelainan psikis

    ReplyDelete