Monday 27 August 2007

Negara Kelima

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Science Fiction & Fantasy
Author:Es Ito
"lo bakal bangga jadi orang indonesia klo baca buku ini!!!...apalagi klo lo orang minang,...cara dia menyampaikan cerita,,seolah-olah membuat indonesia lebih tinggi dari semua bangsa lain di dunia..keren banget.."

..kata-kata itulah yang pertama kali saya dengar saat saya melihat sebuah buku diatas meja teman saya,Faisal...
lalu kata-katanya menarik diri saya untuk mengetahui lebih jauh tentang isi buku ini..
terus saya bertanya lagi padanya..
"emang yang buat buku ini beda ama yang lain apaan selain yang tadi lo bilang..??"
lalu Faisal bilang: "dia (pengarangnya) bisa bisa mengaitkan antara sejarah indonesia dengan sejarah-sejarah besar di dunia ini..semacam postkolonialism gitu lah...klo mau lo baca aja dulu..jangan banyak tanya..nanti gak seru lagi.."
yasudah..setelah dia bilang seperti itu..saya langsung baca novel itu..

dan setelah 4 jam membaca(hampir memecahkan rekor membaca saya,yaitu 2 jam 45 menit ketika membaca buku ayat2 cinta) akhirnya saya pada satu kesimpulan..

ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat harkat bangsa ini..salah satunya dengan menulis..
ya..menulis..
betapa penulis buku ini mampu mengaitkan sejarah dunia seperti sejarah tentang atlantis, plato, alexander agung, dengan sejarah bangsa indonesia seperti PDRI di sumatera barat, sejarah singosari, sriwijaya, minangkabau...
hingga pada satu titik kesimpulan...indonesia pusat peradaban dunia..

buku yang bagus untuk dibaca,,satu2nya novel konspiratif buatan anak bangsa yang mampu menyaingi novel2nya Dan Brown..


No comments:

Post a Comment