Friday 24 August 2007

nasiiib-nasiiiib...

....bagi saya yang mendapatkan kenikmatan untuk mengenyam indahnya pendidikan tinggi, sebuah beasiswa merupakan nikmat tambahan dari berbagai macam nikmat yang diberikan Alloh...namun, seringkali nikmat tersebut(baca:beasiswa) tidak datang tepat waktu(loh??emang nikmat bisa dikira2 turunnya??)..yah..setidaknya tidak terlampau lama kayak sekarang lah...

...sebagai contoh,beasiswa PPA\BBM yang katanya bakal turun pertengahan Juli, namun hingga saat ini(pukul 14.30 hari jumat) belum turun2 juga. ada yang bilang klo turunnya pertengahan Agustus, trus ada lagi yang bilang akhir Agustus...saya sih, seneng2 aja dapet informasi kayak gitu, setidaknya bisa menyenangkan hati...

tapi masalahnya...saya jadi punya kebiasaan yang agak aneh semenjak saya dinyatakan di pakom akademis dapet tuh beasiswa...kebiasaannya adalah saya jadi sering ngecek ATM (Automatic Teller Money, ato bahasa indonesianya Anjungan Tunai Mandiri) yang gak hanya di Psiko, tapi juga di seluruh UI,,,

saya jadi punya semacam hasrat dan keinginan terpendam(baca:Id) untuk memeriksa rekening saya setiap waktu, hasrat itu seringkali tertahan atau mungkin ditahan oleh semacam aturan-aturan dan norma yang mengikat diri saya(baca:superego) agar tidak muncul dalam sebuah tindakan( baca:Ego),contoh...waktu saya lagi jalan-jalan naik motor di Ui kebetulan saya lewat balairung,terus gak sengaja saya ngeliat ATM,,,secara cepat sesuatu dalam diri saya berkata:

 "eh..tuh ada ATM,lo gak mau meriksa rekening lo??siapa tau udah turun..."

"...wah,,,bener juga tuh..."(diri saya berkata...)

tapi aturan2 mengikat saya(baca:superego)

dia berkata:"lo lagi ada acara gar di asrama...lo mau gaji lo dipotong(baca:duit dari PPSDMS) lagi!!"

dan akhirnya aturan itulah yang menang dan saya gak jadi meriksa ATM...

namun kadangkala(kayaknya lebih sering)...aturan2 dan norma2 yang mengikat saya itu,,,tak bisa menahan hasrat2 ini(baca:Id)... jadi setiap ada Atm terutama saat saya mau pergi ke alfamart di Psiko, saya pasti mampir di ATM psiko...

hingga ada satu kejadian yang bikin saya cengar cengir  gak jelas...

saat itu suasana kampus lagi rame ama daftar ulang MABA,,,seperti biasa saat saya jalan ke gedung H saya mampir dulu ke ATM(jadi kebiasaan)...saat itu ada 2-3 orang yang ada dibarisan...dengan Percaya diri saya ikut ngantri jadi orang ke 4...setiap orang yang ada di depan saya rata2 menghabiskan waktu 5-10 menit di atm,,,alkisah akhirnya saya jadi orang pertama di antrian..dan gak terasa ada 3 orang yang berada di belakang saya..dan setelah menunggu sekitar 20 menit,, akhirnya saya masuk juga kedalam ATM,,seperti biasanya saya selalu berdoa agar jumlah angka di rekening saya berubah dari 5 digit menjadi 7 digit..setelah memencet nomor pin dan juga mengikuti alur perintah di layar monitor,,,ternyata....

....belum berubah juga..rekening saya masih 5 digit...

serta merta setelah mengetahui klo rekening gak berubah...saya langsung keluar dari box atm itu...tetapi waktu saya keluar..banyak muka2 heran menatap saya(muka para ATM'ers yang ada dibelakang saya tadi)...

dengan muka heran mereka nanya..."mas,,ATM-nya rusak ya???"

DEG!! saya langsung kaget ditanya kayak gitu...karena saya gak sadar klo saya itu gak nyampe 1 menit di dalem ATM,,,sedangkan rata-rata orang sebelum saya ngabisin waktu 5-10 menit di dalem box atm,,,

jujur...waktu itu saya bingung mau jawab apa..mau jawab jujur malu,,gak jawab jujur dosa....

klo jawab jujur nanti mereka pasti bakal mikir: "kok ada ya...orang yang mau ngantri setengah jam buat ngecek rekening doank!!"euh..mau ditaro mana nih...muka...

akhirnya saya bikin win-win solution...saya...bilang ke mereka..."eh..nggak ada apa2 kok..mas..permisi!!"...

yah begitulah...realita di UI..giliran auto debet cepet banget tapi giliran beasiswa lama amat...

yah..sabar aja dah...

NB:mohon maaf klo saya salah make teori dari psikoanalisa ditulisan saya ini...

maklumm...saya salah satu orang yang lolos SAP/psium 1 dengan nilai Pas-pas-an...he..he..

2 comments:

  1. hari ini masih ngantri ATM ga?hehe...
    semoga dimudahkan ya Gar...

    ReplyDelete
  2. sampai saat ini...masih sih...

    yah..semoga dimudahkan...

    ReplyDelete