Wednesday 22 August 2007

kenapa ca(pal)ping ...(baca:catatan (paling) pinggir)???

...kenapa "catatan(paling)pinggir"???

Mungkin itu yang terlintas pertama kali ketika anda semua membaca blog ini(yah...semoga ada yang membaca..)...karena memang "catatan pinggir" merupakan patron yang telah kuat melekat pada seorang sastrawan...gunawan muhammad...

Sehingga mungkin, ada diantara anda yang menilai "lo mau nyontek caping(baca:catatan pinggir) gunawan muhammad ya??"...sebenernya sih ada niatan kayak gitu(he..he..) tapi berhubung saya kuliah di psiko UI yang mengangung-agungkan originalitas(baca:keaslian) dan membenci plagiatoris(bener gak nulisnya?) yang diajarkan kepada saya semenjak PSAU-PROSESI 2005(ospeknya psiko ui) maka saya hanya ingin sekedar mengambil esensi terbentuknya "catatan pinggir" tersebut...

Bila kita membaca sebuah buku,acapkali ada sesuatu yang menggelitik kita untuk bertanya tentang tulisan di buku tersebut..apapun itu, dari masalah penulisan struktur kalimat yang salah(bila ada) hingga fakta dan data buku tersebut, sehingga mungkin (ada) diantara kita yang menuliskan catatan2 kecil di pinggir buku tersebut...

Catatan2 kecil di pinggir halaman ini,yang mengilhami gunawan muhammad menuliskan gagasan2nya tentang berbagai hal yang terjadi di lingkungannya...klo diibaratkan..buku-buku yang dibaca gunawan adalah lingkungannya sedangkan tanggapan2nya tentang lingkungannya adalah catatan pinggirnya di buku2 itu..

Senada dengan "catatan pinggir"..."catatan (paling) pinggir" adalah usaha saya dalam menuliskan ide2 dan tanggapan2 saya tentang lingkungan dimana saya berada...meski mungkin tak sehebat "catatan pinggir" yang asli...setidaknya esensi ca(pal)ping(baca:catatan (paling) pinggir) sama dengan caping...
yah...begitulah...
selamat menikmati.. 

Sumber: catatan (paling) pinggir.. eh.. maksudnya  "catatan pinggir". hehe.. oleh gunawan muhammad,penerbit pustaka grafiti...

1 comment: