Friday 25 January 2008

Living with the Giant (selayang pandang santri PPSDMS)

mengutip ungkapan yang disampaikan oleh bang ahadiyat,alumni PPSDMS angkatan 1, living with the giant merupakan perumpaan yang sangat pas untuk mendeskripsikan kehidupanku di asrama. sungguh, ini merupakan sebuah ungkapan yang tak berlebihan dan main-main. meski diriku adalah orang yang "agak" ekspresif (baca:lebay), akan tetapi untuk hal ini, aku mengungkapkannya dengan sebuah untaian kata yang benar-benar mewakili keadaan yang sebenarnya.

iving with the giant, adalah sebuah momen spesial dalam kehidupanku 1 setengah tahun kebelakang. ada sebuah tantangan, motivasi, dan rasa minder, akan tetapi lebih didominasi oleh rasa bahagia saat tinggal bersama para "raksasa" itu. tantangan karena diriku tidak ingin terlalu jauh tertinggal oleh mereka, termotivasi saat mengetahui prestasi apalagi yang mereka gapai, dan yang paling luar biasa adalah kebahagiaan karena diberikan kesempatan oleh Alloh bertemu dan dipersaudarakan oleh orang-orang yang luar biasa dan bervisi besar seperti mereka.

pada awalnya, sekitar 1-4 bulan awal, berbagai hal berkecamuk dalam kepalaku, tuntutan akademis yang berat, dan ditambah dengan kegiatan asrama yang padat, membuatku sedikit kehilangan motivasi dan kepercayaan. motivasi untuk berprestasi dan kepercaan untuk terus mengikuti program ini(PPSDMS). ditambah lagi, banyaknya PKI MALAM(meminjam istilahnya pak arif, pLt ketua regional 1 ppsdms) yang menghembuskan isu-isu yang tidak sedap tentang ppsdms.
contohnya, ada seorang yang bertanya kepadaku, "ppsdms angkatan sebelumnya udah bagus kan? bagus itu karena orang-orangnya yang emang udah bagus dari sononya ato karena pembinaan di sana sih?"untuk hal ini, aku tidak berani langsung menjawab, karena memang, diawal masa pembinaanku saat itu, sangat riskan untuk menjawab hal ini, untuk itu aku hanya menjawab "liat aja nanti, tunggu tanggal mainnya" dengan harapan dan doa yang tulus kepada sang khaliq agar hal ini terwujud.

waktupun berlalu, 18 bulan serasa bagaikan sinar menembus relung-relung kegelapan. sangat cepat. berbagai peristiwa telah kami lewati dengan beragam konsekuensi. dari pergantian supervisor beberapa kali(gak hafal saking banyaknya supervisor yang ganti), dan penggojlokan spiritual dan rasional, yang memunculkan bibit-bibit 'raksasa' dalam asrama ini. bibit ini terus dipupuk hingga mulai terlihat di akhir masa pembinaan kami.

kalau mau di list, ada berbagai macam raksasa dalam asrama ini, dari raksasa akademis, raksasa penulisan, dan raksasa organisatoris. mari kita mulai dari kamar nomor dua dalam daftar list ini, karena kamar nomor satu milik supervisor.

kamar no.2: ozenk dan agung
ozeng sang calon dirut PLN dua dekade mendatang, teman seperjuangan di PKM yang lalu, meski kami berbeda tim. amanahnya sebagai kadep piptek Ikatan mahasiswa elektro, membuat elektro semakin bergerak menuju arah yang lebih baik. sedangkan agung, seorang yang bijak dan teguh memegang prinsipnya, amanahnya sebagai kadep psdm fuki fasilkom, tidak
membuatnya lalai dalam hal akademis, IP-nya yang super besar membuat diriku semakin bersemangat untuk terus berprestasi.

kamar no.3 Harry dan Deni
harry sang ketua DPM UI. merupakan sebuah bukti nyata ketika kekuatan spiritual bersatu dengan semangat pergerakan. satu-satunya orang yang kulihat dalam setiap nafasnya berhembus semangat perbaikan diri dan umat. deni hamdani, salah seorang yang cukup 'menghanyutkan'. meski jarang berbicara dan berwacana, deni menunjukkan tindakan nyata dari kemampuannya sebagai seorang calon sarjana teknik. dengan berbagai penghargaan dari berbagai lomba, deni menunjukkan kinerja yang stabil dan signifikan diantara kami dalam hal pencapaian prestasi akademik. teknik industri patut berbangga mempunyai mahasiswa seperti dia.

kamar no.4 riski dan andy
sebagai mantan sekum bem ft ui, kesibukannya merupakan warna bagi bagi bem ft. meski mempunyai agenda yang padat
dirinya tetap mampu bercengkrama dengan kami semua disertai dengan gelak tawa dan humornya yang khas. andy setiawan, mahasiswa filsafat dan kepala departemen kremas BEM ui ini, mempunyai segudang aktivitas yang sulit untukku membayangkan bagaimana dia mengaturnya. dari aktivitasnya di kirjas, MB, dan lain-lain, dia masih mempunyai waktu untuk mendengarkan cerita dari teman-temannya yang ingin meluapkan perasaan mereka, salah satunya diriku.

kamar no. 5 kosong

kamar no. 6 faisal dan arif
tak cukup seluruh kata untuk menggambarkan sosok faisal. sosok manusia yang dianugerahi tuhan dengan kemampuan mengorganisasikan pemikiran dalam bentuk konsep yang terstruktur dan sistematis. saatku membaca visi dan misinya sebagai calon ketua KSM UI(saat ini telah terpilih), terbayang dibenakku, dirinya duapuluh tahun kemudian. duduk di kursi sebuah gedung berlantai 7 dengan papan nama tertulis "rektor ui". arif raharto, seorang sintesa sejati alias tegal sejati, kecintaannya pada adik-adiknya di sma membuatnya sempat menghilang dari asrama untuk mengurus acara sintesa ini di tegal. namun, hal ini tidak menjadi sebuah hal yang patut dipermasalahkan,
karena ia segera menutupi hal ini dengan kemampuan dirinya dalam berwirausaha yang luar biasa. amanahnya sebagai danus fsi fe ui niscaya akan mengantarnya untuk menggapai impian.

kamar nomor 7 refi dan kamil
refi adalah sosok ideal bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi manapun di indonesia. tidak ada satupun yang kurang dari dirinya(yah,..paling enggak wajahnya gak ngelebihin gw lah...he..he.). aktivitas organisasi? sebagai anggota tim robot ui, mantan ketua ikatan mahasiswa mesin, de el el. aktivitas perkuliahan?IP-nya tak jauh darii 3,6 keatas. beasiswa? hingga saat ini, katanya dia telah bebas finansial alias telah cukup dari sisi finansial. pekerjaan?schlumberger dan toshiba jepang siap merekrut dirinya. kamiluddin, ustadz cinta ini sangat ahli meramu kata-kata, baik dari bahasa indonesia ataupun dari bahasa arab. kontribusinya sebagai ketua departemen ILC salam ui, membuat dirinya semakin kompeten dalam hal meramu kata-kata menjadi untaian mutiara.

kamar nomor 8 dedy dan hasan
dedy adalah sosok yang penuh dedikasi, terutama dalam hal pemberantasan rokok di indonesia. aktivitasnya sebagai salah satu anggota LSM internasional mengenai dampak rokok, membuatnya semakin peduli terhadap nasib orang-orang yang terkena dampak rokok. selain itu amanahnya yang baru sebagai Ketua departemen P dan K Bem UI tidak membuat dirinya kehilangan karakter yang cenderung berterus terang dan apa adanya. hasan,
tak cukup sekedar ucapan terimakasih yang terucap dari diri ini kepada hasan. telah banyak sumbangsih hasan bagi diriku dan teman-teman asrama. karakternya yang mengayomi dan kongkret dalam melayani, membuat dirinya pantas menerima amanah sebagai wakil ketua BEM F.MIPA.

kamar nomor 9 hanum dan zhajang
salah seorang partner diriku dalam berwacana, ide-idenya yang segar tentang perubahan sosial selalu terungkap dalam setiap penelitian yang dilakukannya. sehingga tidak heran dirinya tidak pernah berhenti dalam menggali lebih jauh arti dibalik segala fenomena sosial masyarakat. mantan ketua alhikmah research center ini, merupakan sosok yang tekun dan komitmen dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang dilakukannya. zhajang, ahli ekonomi syariah ini tidak pernah berhenti untuk mensyiarkan metode perekonomian islam kepada kami. mantan wakil ketua ziswaf UI ini, telah memberikan sumbangsih nyata bagi kemaslahatan umat khususnya warga sekitar ui dengan amanah yang diembannya ini.

kamar nomor 10 kamarku dan anton
diriku adalah sosok manusia liliput yang siap menjadi raksasa. anton, mantan ketua KSM UI yang paling romantis, novelnya yang berjudul diantara sayap cinta merupakan perpaduan antara novel da vinci code dengan ayat-ayat cinta.

kamar nomor 11 afif dan surya
afif sang ketua DPM fasilkom, selalu membawa keceriaan dan kesegaran di setiap kehadirannya. sosoknya yang bijak dan amanah membuatnya selalu dijadikan referensi dalam setiap aktivitas di asrama. suryanuddin, "bapak" yang satu ini, meskipun kecil, mempunyai cita-cita dan semangat yang besar. hal ini terlihat dari aktivitasnya di beberapa LSM ibukota. kesibukannya tidak membuatnya terlena, target 3,5 tahun sempat ditargetkan dirinya, namun karena ada beberapa dosen FISIP yang membutuhkan kontribusinya, mulailah dia merambah dunia akademis sebagai asdos beberapa mata kuliah

kamar nomor 12 kosong

kamar nomor 13 hans dan edwin
hans, jajaka pangkasep ini asli garut, tak berlebihan memang bila kita menyebut dirinya sebagai pejuang hak asasi anak di garut. karena dirinya bersama keluarga telah mendirikan yayasan yang concern terhadap masalah pendidikan anak. namun, akhir-akhir ini, hans mempunyai sedikit masalah di garut, semoga hans dapat menyelesaikan persoalannya dengan baik. Edwin, ketua BEM UI, psikologi angkatan 2004,..mantan atasanku ketika di MPM. kala di MPM edwin pernah mengatakan bahwa dirinya akan OFF untuk dunia kemahasiswaan selepas MPM, dirinya akan fokus dalam mengelola LSM yang telah dibangunnya bersama teman-teman dari tangerang. namun apa daya, umat membutuhkan dirinya, tanpa hitungan bulan, akhirnya edwin memutuskan untuk maju sebagai calon ketua BEM UI.
sebuah peristiwa yang takkan pernah kulupakan. tak pernah terlintas dalam benakku, edwin akan memimpin BEM UI, karena menurut pandangan pribadiku edwin masih jauh dari sosok ketua BEM yang selama ini kubayangkan(he..he..sorry win). akan tetapi hanya dalam waktu singkat kemampuannya terupgrade, dari masalah orasi hingga pemikiran. melihat hal ini diriku yakin edwin akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi bangsa ini.

kamar nomor 14 adhi dan rahmat
adhi, ketua BEM FISIP UI, sosok yang selalu memberikan solusi yang baik dalam setiap permasalahan kami di asrama.
tutur katanya yang tegas dan jelas serta terstruktur membuat kami memahami sebuah pola yang selama ini kami cari dalam sebuah permasalahan. melihat kemampuannya ini, aku meyakini bahwa adhi akan menjadi calon pemimpin bangsa ini di masa depan. rahmat rhamdani fauzi, seorang calon arsitek dan jagoan dalam hal penulisan khususnya penulisan ilmiah. salah satu momen yang membuatku takjub adalah ketika pada suatu hari rahmat serasa terdesak oleh berbagai macam buku dan jurnal sebagai bahan dalam penulisan ilmiahnya. tulisan itu harus selesai secepatnya sebelum batas waktu yang ditentukan. ia pernah berkata kepada diriku"aduh, gimana nih gar, tinggal sehari lagi padahal ane udah nyoba dari kemarin". akhirnya? rahmat meraih juara satu dalam LKTM teknik 2007,,,luar biasa..

kamar nomor 15 zulfadhli dan rizqi
zulfadli nasution, ketua LDF NURANI FKM, sosok imam diantara kami dikarenakan hafalannya yang banyak dan juga murotalnya yang sangat indah. seorang pemuda yang memiliki wawasan keislaman yang luar biasa. seorang pemuda yang menjadi referensi bagi kami semua mengenai siroh nabi dan sahabat. rizqi, merupakan temanku selain edwin yang berasal dari psikologi, angkatannya sama denganku 2005. salah satu hal yang membuatku kagum terhadap dirinya adalah wawasannya yang sangat luas mengenai biografi tokoh nasional dan internasional serta pengetahuan umum lainnya, sehingga ia bagaikan perpustakaan berjalan diantara kami. tidak heran saat ini ia diamanahi sebagi ketua CAPONE, lembaga yang concern terhadap isu-isu pendidikan.

kamar terakhir nomor 16 safri dan dasril
safri, pemuda yang lahir dan besar di tapanuli selatan, seorang pemuda yang meninggalkan kampungnya untuk menimba ilmu di jakarta. telah 4 tahun lamanya ia tidak pulang ke tapanuli, tuntutan dan harapan orangtua membuat dirinya rela untuk bertahan di jakarta selama 4 tahun tanpa pulang. rindu akan kampung halaman dialihkan safri pada kegiatan-kegiatan akademis dan organisasi. IP-nya yang cukup baik serta pengalaman organisasinya sebagai Ketua departemen PIPTEK BEM FT UI membuat dirinya menjadi sosok pemuda yang kuat. tidak heran bila karakternya yang tegas dan kuat mempengaruhi kami secara tidak langsung. Dasril, Ketua FSI FISIP UI, kemampuannya dalam beretorika membuatnya seringkali terlibat dialog dengan berbagai kalangan, dari mahasiswa di kantin hingga pejabat kampus. hal ini pulalah yang mengantar dirinya sebagai MC dan pembicara dadakan he..he..


fuih...lelah dan bangga ku menulis nama mereka semua. sebenarnya masih ada dua orang lagi kawanku yang belum kusebut, syafril dan andi. dua orang mahasiswa indonesia yang berada di negeri seberang, syafril di jepang dan andi di selandia baru.
ada keinginan dalam hati untuk melihat mereka berhasil merubah bangsa ini. tak hanya menjadi seorang liliput, diriku ingin pula menjadi seperti mereka, raksasa-raksasa yang tidak segan berbuat hal kecil demi sesuatu yang lebih besar, indonesia yang lebih baik dan bermartabat serta kebaikan dari Alloh pencipta alam semesta.


10 comments:

  1. mantab... mudah2an Allah memberikan keistiqomahan pada kita semua...

    ReplyDelete
  2. Aamiin...
    Semoga Allah senantiasa menjaga idealisme kalian dan memberi kemudahan untuk berselancar mewujudkannya.
    Allaahu Akbar!!!

    ReplyDelete
  3. asrama PPSDMS itu ada di mana2 ya? kakak2 angktn sy byk yg tinggal di situ.. lalu itu khusus laki2 ya?

    ReplyDelete
  4. PPSDMS itu ada di lima kota di jawa, regional 1 jakarta, regional 2 bandung, regional 3 yogyakarta, regional 4 surabaya, regional 5 bogor....

    ReplyDelete
  5. mantap gar......

    i am also living with "the giant", like u..... hwakakakakk.....

    ReplyDelete
  6. bisa aja si apip....ngomong2 ente jadi raksasa loh hitungannya...meski badan antum gak layak dikatakan "raksasa"....hwakakakkkakk

    ReplyDelete
  7. wah, huibatttt tenan euy...
    anak ppsdms ipb juga manteb2...4 of them are my classmates..
    wah hebat yaa...
    smg bs memajukan Indonesia ya,,,,
    amiiiinnn....

    ReplyDelete
  8. subhanaLLAH...
    kenapa cuma buat laki-laki T_T

    ReplyDelete
  9. sughoi, mantab yo PPSDMS UI.... (^_^)b

    ReplyDelete
  10. Hehehe, itu artinya semua nutrisi yang masuk dimanfaatkan dengan baik, Gar!
    ^_^

    Just kidding...

    ReplyDelete